Pengaruh Strategi Blended Learning (Syncronous Vs Asyncronous) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Pengembangan Kurikulum Biologi SMA di Prodi Dosenan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Maluku
DOI:
https://doi.org/10.51135/sac4qk34Keywords:
blended learning, hasil belajar, self-efficacy, syncronous vs asyncronousAbstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa pada kelompok Blended Learning memiliki hasil belajar dan tingkat self-efficacy yang secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok yang belajar melalui metode tradisional. Pendekatan synchronous memberikan umpan balik secara langsung dan mendorong interaksi aktif, sedangkan pendekatan asynchronous memungkinkan pembelajaran yang fleksibel dan mandiri. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggabungan kedua pendekatan dalam lingkungan Blended Learning memberikan pengaruh positif terhadap pencapaian akademik dan kepercayaan diri mahasiswa dalam mengelola proses belajarnya secara mandiri.