Pengaruh Metode SimulasiBerbasis Self-Assessment Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP NegeriIlath Kabupaten Buru
DOI:
https://doi.org/10.51135/fvyqnw55Keywords:
Metode Simulasi, Self-Assesment, Hasil Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode simulasi berbasis self-assessment terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri Ilath Kabupaten Buru. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian berjumlah 57 siswa kelas VII, dengan sampel sebanyak 29 siswa dari kelas VII-1 SMP Negeri Ilath Kabupaten Buru pada tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode simulasi berbasis self-assessment terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan melalui uji persamaan regresi yang diperoleh, yaitu Ŷ = 30,50 + 0,54X, serta hasil uji t yang menunjukkan thitung = 2,358 > ttabel = 2,052. Besarnya pengaruh metode tersebut terhadap hasil belajar siswa ditunjukkan oleh koefisien determinasi sebesar 54,27%. Artinya, pembelajaran dengan metode simulasi berbasis self-assessment memberikan kontribusi sebesar 54,27% terhadap hasil belajar siswa, sedangkan sisanya sebesar 45,73% dipengaruhi oleh faktor lain.
Downloads
Published
2024-04-30
Issue
Section
Articles