Pemanfaatan ChatGPT-3.5 Open AI dalam Mengidentifikasi Tantangan Madrasah Indonesia Era Industri 4.0

Authors

  • Mokh Fathoni Pengawas Kemenag Kota Ambon Author
  • Syarifuddin Syarifuddin MTs Nurul Ikhlas, Ambon Author
  • Rosmawati T IAIN Ambon Author

DOI:

https://doi.org/10.51135/mnfckj29

Keywords:

ChatGPT-3.5 OpenAI, Era Industri 4.0, Tantangan Madrasah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan madrasah Indonesia pada era industri 4.0 dengan memanfaatkan ChatGPT-3.5 OpenAI. Data yang diolah bersumber dari hasil indentifikasi ChatGPT-3.5 OpenAI dengan menggunakan tabel tabulasi, frekuensi dengan output data dalam bentuk persentase (%), dan kategori Skala Linkert. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan tantangan madrasah Indonesia era industri 4.0 dengan kategori sangat kuat adalah terdapat 3 (tiga) tantangan yakni akses dan infrastruktur digital (100%), pelatihan guru (100%), dan keamanan data (94.74%). Sedangkan tantangan madrasah Indonesia era industri 4.0 dalam kategori kuat yang berhasil diidentifikasi oleh ChatGPT-3.5 adalah 3 (tiga) masalah yakni kurikulum digital dan materi pembelajaran, konten digital, serta pengawasan dan etika. Sementara dalam kategori cukup adalah terdapat 3 (tiga) tantangan yakni kesenjangan digital, integrasi teknologi, penilain dan evaluasi. Di samping itu, tantangan madrasah indonesia era industry 4.0 dalam kategori lemah adalah terdapat 4 (empat) tantangan yakni keterbatasan sumber daya manusia, tantangan perubahan budaya, perlindungan anak dalam dunia digital, dan perubahan paradigma pendidikan. Kemudian dalam kategori sangat lemah yang berhasil diidentifikasi ChatGPT-3.5 adalah terdapat 14 (empat belas) tantangan yaitu ketergantungan pada teknologi, penyelenggaraan pembelajaran hybrid, penggunaan teknologi yang tepat, manajemen data, perubahan perilaku siswa, biaya operasional, literasi digital, kecemasan akan penggunaan teknologi, penyadaran masyarakat, pemanfaatan media sosial, perubahan dalam pemahaman agama, motivasi siswa, pembatasan hukum, dan kesiapan institusi.

Downloads

Published

2025-04-30

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.