Identifikasi Kemampuan Literasi Matematis Siswa Berdasarkan Langkah Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Authors

  • Ageng Triyono Universitas Muhammadiyah Purworwjo Author
  • Rusmin R M Saleh Institut Sains dan Kependidikan Kie Raha Maluku Utara Author
  • Jubaydah Jubaydah STKIP Kusuma Negara Author
  • Ratmini Ratmini STKIP Kusuma Negara Author
  • Arie Purwa Kusuma STKIP Kusuma Negara Author
  • Nurimani Nurimani STKIP Kusuma Negara Author

DOI:

https://doi.org/10.51135/8yhkaz79

Keywords:

Sistem persamaan linear dua variabel, kemampuan literasi matematis, indikator dari Stacey

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan literasi matematis siswa VIII yang diidentifikasi dari hasil tes pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Identifikasi pecapaian kemampuan literasi matematis siwa didasarkan pada indikator yang dikembangkan dari definisi Stacey. Instrumen untuk mengambildata berupa tes dan pedoman wawancara. Jumlah subjek yang terlibat mengerjakan tes 20 siswa, dan diambil 3 sampel siswa secara cluster random sampling untuk diwawancarai. Sampel yang diwawancarai masing-masing mewakili kelompok siswa dengan kemampuan rendah (S1); sedang (S2), dan tinggi (S3). Data yang dikumpulkan dianalis sesuai tahapan dari Milles & Hubberman. Hasil analisis data menyimpulkan sampel (S1) tidak dapat mencapai indikator (N1), yaitu mampu memahami masalah; sampel (S2) dapat mencapai indikator (N2), yaitu dapat menggunakan konsep, fakta, dan prosedur dalam merumuskan langkah-langkah penyelsaian matematika, dan; sampel (S3) dapat mencapai indikator (N3), yaitu dapat menyajikan dan menyelesaikan masalah matematika.

Downloads

Published

2025-04-30

Similar Articles

1-10 of 11

You may also start an advanced similarity search for this article.