Eksplorasi Kemampuan Belajar Mandiri Siswa pada Pembelajaran Kimia SMA dalam Pembelajaran Flipped Classroom

Authors

  • Ivatul Laily Kurniawati Universitas Muhammadiyah Maluku Author
  • Dhamas Mega Amarlita Universitas Islam Balitar Author

DOI:

https://doi.org/10.51135/p922mz70

Keywords:

Belajar Mandiri, Flipped Classroom, SMAN 4 Maluku Tengah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan belajar mandiri siswa dalam pembelajaran kimia 
yang dilakukan secara daring dengan model pembelajaran Flipped Classroom.  Pelaksanaan penelitian pada 
materi asam basa. Subyek penelitian adalah 30 siswa kelas XI MIA SMA Negeri 4 Maluku Tengah, yang  terbagi dalam 2 kelas. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan eksperimental  semu atau pre-experimental design untuk menguji pengaruh pembelajaran Flipped Classroom terhadap  kemampuan belajar mandiri. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan angket kemampuan belajar  mandiri. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa dalam kelas yang diterapkan pembelajaran Flipped Classroom  memiliki kemampuan belajar mandiri yang lebih baik dibandingkan dengan siswa pada kelas yang tidak  diterapkan pembelajaran Flipped Classroom. Pembelajaran Flipped Classroom yang dilakukan telah  membantu siswa belajar dengan lebih mandiri, memiliki kepercayaan diri yang tinggi, dan mampu  mengorganisasi belajarnya

Downloads

Published

2024-04-30

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.