Peran Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Balongsari di Kota Mojokerto
DOI:
https://doi.org/10.51135/kambotivol3issue2page28-35Keywords:
Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, KinerjaAbstract
Downloads
References
Abrori, M., & Muali, C. (2020). Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah. JUMPA : Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.33650/jumpa.v1i2.1200
Andari, Y., Rambe, M., & Maryadi. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Yayasan Pendidikan Jaya Penggalian Kabupaten Serdang Bedagai. 2, 52–59.
Aziz, N., & Putra, S. D. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kinerja Guru Pada SD Kartika 1-11 Padang. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 1303–1315. https://doi.org/10.46306/vls.v2i2.159
Darsono, Y. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Health Sains, 1(3), 288–302. https://doi.org/10.46799/jsa.v1i3.66
Daud, D., & Nurachadijat, K. (2023). Peningkatan Motivasi Kerja Guru Ditinjau Dari Kepemimpinan Kepala Sekolah. Simpati, 1, 223–235. https://doi.org/10.59024/simpati.v1i3.239
Djafar, H., Putri, H. E., Nurbaiti, P., & Hamzah, Z. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru di MTS Madani Pao-Pao. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 10–19. https://doi.org/10.24252/edu.v1i1.22111
Fau, M. W., Sarmini, S., & Aisyah, S. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di Yayasan Pendidikan Charitas. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 60–71. https://doi.org/10.24246/j.jk.2022.v9.i1.p60-71
Fikria, A., Pertiwi, S. I., Prima, T., Saghira, T., & Brilian, V. (2022). Tinjauan Atas Tunjangan Profesi Guru (TPG). 02(September 2022), 2–3.
Hariyadi, A., Nugraheni, L., & Shofwani, S. A. (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Masa Pandemi. Equity In Education Journal, 5(1), 1–6. https://doi.org/10.37304/eej.v5i1.7656
Harmendi, M., Lian, B., & Wardarita, R. (2021). Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. 2(2013).
Hidayani, N. L., Rahmi Widianti, & Santi, A. (2024). Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Kuin Utara 4 Banjarmasin. Ilmiah Ekonomi Bisnis, 1(2), 1–7. file:///C:/Users/acer/Downloads/764-Article Text-2220-1-10-20220705 (1).pdf
Hilmiatussadiah, K. G., Ahman, E., & Disman, D. (2024). Teacher competency: Descriptive study of Guru Penggerak. Inovasi Kurikulum, 21(1), 149–162. https://doi.org/10.17509/jik.v21i1.63482
Irianty, T. W., & Sholeh, S. (2023). Pengaruh Kenaikan Pangkat Dan Jabatan Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai. Thawalib: Jurnal Kependidikan Islam, 4(2), 105–114. https://doi.org/10.54150/thawalib.v4i2.232
Jamaluddin, J., Dian Nisa Istofa, & Bety Suremi. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru di MA Swasta Nururrodhiyah Kota Jambi. JMiE (Journal of Management in Education), 6(2), 91–100. https://doi.org/10.30631/jmie.2021.62.91-100
Jumarpati, & Dewi, S. R. K. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru pada UPT SMA Negeri Sekota Palopo. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(2), 150–161.
Karo, A. A. P. K., Sari, L. P., & Hendrawan, D. (2020). Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kinerja Guru. 8(2), 218–232.
Kartini, H. D., Halistin, Samrin, & Badarwan. (2022). Peran Kepala Sekolah terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Sekolah Dasar Negeri di Kendari. Januari, 3(2), 2746–4113.
Kurniawan, I., Harapan, E., & Rohana, R. (2021). Pengaruh Pemberian Penghargaan terhadap Kinerja Guru Honorer Sekolah Menengah Atas di Kota Sekayu, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.38134
Kustanto, H., Muazza, M., & Haryanto, E. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 63–69. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1742
Majidah, Y., Rachmawati, I. K., & Karnawati, T. A. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 14(2), 105–112. https://doi.org/10.32812/jibeka.v14i2.173
Makassar, U. N. (2024). Pengaruh Pelatihan Mandiri Menggunakan Platform Merdeka Mengajar Terhadap Kompetensi Guru Di SMA Negeri 21 Makassar. 4(1), 2072–2081.
Muhtar, N. S., Jumawan, & Sahlan, F. (2024). Analisis pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di sma xyz. 2(3), 2361–2372.
Rohmah, S. F. (2021). Pengaruh Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Kinerja Guru Di Smk Nusantara Kemlagigede Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan (the Effect of Intrinsic Motivation and Extrinsic Motivation on Teacher Performance At Smk Nusantara Kemlagigede Turi District Lamongan Regency). Jurnal Ekonomi Mahasiswa (JEKMA), 02(05), 1–3.
Royani, I. (2022). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Guru di SMK Plus Desa Nusantara (PDN) Kabupaten Sanggau. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(2), 635–655. https://doi.org/10.58344/jmi.v1i2.58
Sarianae, & Prasetyo, D. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru dan Pegawai Smk Negeri 1 Sampit. Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(1), 34–45.
Setiyati, S., Monica, M. V, Tarman, T., & ... (2024). Analisis Faktor Internal Dan Eksternal Kinerja Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di SMP Negeri 1 Teluk Pandan Tahun Pelajaran 2023/2024. Pendas Mahakam …, 9(September). https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1826%0Ahttps://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/download/1826/936
Sudarnice, S. (2020). Increasing Innovative Performance through Organization Culture, Work Satisfaction and Organization Commitments. Integrated Journal of Business and Economics, 4(1), 88. https://doi.org/10.33019/ijbe.v4i1.251
Sulisna, S., Wardiah, D., & Suherman, S. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(5), 5906–5917. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i5.7603
Widodo, S., Ladyani, F., Asrianto, L. O., Rusdi, Khairunnisa, Lestari, S. M. P., Wijayanti, D. R., Devriany, A., Hidayat, A., Dalfian, Nurcahyati, S., Sjahriani, T., Armi, Widya, N., & Rogayah. (2023). Metodologi Penelitian. In Cv Science Techno Direct.
Yanti, S. (2019). Gaya Kepemimpinan Guru SD Sekolah Dasar di dalam Kelas. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 5(1), 66–72. https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i1.316
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 53–59. https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.12884
Zikri, R., & Ustman, F. (2024). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Profesional Guru di SMA Negeri 2 Sawang. Journal of Islamic Education Management & Research (JIEMR), 1(1), 41–53. https://doi.org/10.51178/jiemr.v1i2.1947
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 KAMBOTI: Jurnal Sosial dan Humaniora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.