Peran Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Balongsari  di Kota Mojokerto

Authors

  • Sudarnice Faculty of Social Science and Economics, Universitas Sembilanbelas November, Kolaka, Sulawesi Tenggara, Indonesia Author
  • Yulia Mayang Saputri Faculty of Economics, Universitas Terbuka, Pokjar Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.51135/kambotivol3issue2page28-35

Keywords:

Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Kinerja

Abstract

Penilaian kinerja guru pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) Balongsari se-Kota Mojokerto menggunakan Rubrik observasi kinerja guru Penerapan disiplin Positif (RPP) pada bulan Januari – Juni 2024, diketahui terdapat tiga guru memiliki nilai rata-rata dibawah kriteria ketuntasan minimal 70 yang masing-masing memiliki nilai 63.3; 33.3; dan 60 yang mengartikan kinerja guru belum optimal. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan analisis bertujuan mengetahui bagaimana pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SDN Balongsari Se-Kota Mojokerto. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dan analisis regresi linear dengan 3 variabel, yakni Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1), Motivasi Kerja (X2), dan Kinerja Guru (Y). Sampel penelitian yakni 30 responden guru SDN Balongsari se-Kota Mojokerto dengan proses pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner yang disebar menggunakan Google Form dan pengolahan data menggunakan Aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan gaya kepemimpinan kepala sekolah tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai p values 0178 dan T-Statistic 0.923, dan motivasi kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai p values 0.102 dan T-Statistic 1.273

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrori, M., & Muali, C. (2020). Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah. JUMPA : Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.33650/jumpa.v1i2.1200

Andari, Y., Rambe, M., & Maryadi. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Yayasan Pendidikan Jaya Penggalian Kabupaten Serdang Bedagai. 2, 52–59.

Aziz, N., & Putra, S. D. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kinerja Guru Pada SD Kartika 1-11 Padang. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 1303–1315. https://doi.org/10.46306/vls.v2i2.159

Darsono, Y. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Health Sains, 1(3), 288–302. https://doi.org/10.46799/jsa.v1i3.66

Daud, D., & Nurachadijat, K. (2023). Peningkatan Motivasi Kerja Guru Ditinjau Dari Kepemimpinan Kepala Sekolah. Simpati, 1, 223–235. https://doi.org/10.59024/simpati.v1i3.239

Djafar, H., Putri, H. E., Nurbaiti, P., & Hamzah, Z. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru di MTS Madani Pao-Pao. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 10–19. https://doi.org/10.24252/edu.v1i1.22111

Fau, M. W., Sarmini, S., & Aisyah, S. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di Yayasan Pendidikan Charitas. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 60–71. https://doi.org/10.24246/j.jk.2022.v9.i1.p60-71

Fikria, A., Pertiwi, S. I., Prima, T., Saghira, T., & Brilian, V. (2022). Tinjauan Atas Tunjangan Profesi Guru (TPG). 02(September 2022), 2–3.

Hariyadi, A., Nugraheni, L., & Shofwani, S. A. (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Masa Pandemi. Equity In Education Journal, 5(1), 1–6. https://doi.org/10.37304/eej.v5i1.7656

Harmendi, M., Lian, B., & Wardarita, R. (2021). Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. 2(2013).

Hidayani, N. L., Rahmi Widianti, & Santi, A. (2024). Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Kuin Utara 4 Banjarmasin. Ilmiah Ekonomi Bisnis, 1(2), 1–7. file:///C:/Users/acer/Downloads/764-Article Text-2220-1-10-20220705 (1).pdf

Hilmiatussadiah, K. G., Ahman, E., & Disman, D. (2024). Teacher competency: Descriptive study of Guru Penggerak. Inovasi Kurikulum, 21(1), 149–162. https://doi.org/10.17509/jik.v21i1.63482

Irianty, T. W., & Sholeh, S. (2023). Pengaruh Kenaikan Pangkat Dan Jabatan Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai. Thawalib: Jurnal Kependidikan Islam, 4(2), 105–114. https://doi.org/10.54150/thawalib.v4i2.232

Jamaluddin, J., Dian Nisa Istofa, & Bety Suremi. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru di MA Swasta Nururrodhiyah Kota Jambi. JMiE (Journal of Management in Education), 6(2), 91–100. https://doi.org/10.30631/jmie.2021.62.91-100

Jumarpati, & Dewi, S. R. K. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru pada UPT SMA Negeri Sekota Palopo. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(2), 150–161.

Karo, A. A. P. K., Sari, L. P., & Hendrawan, D. (2020). Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kinerja Guru. 8(2), 218–232.

Kartini, H. D., Halistin, Samrin, & Badarwan. (2022). Peran Kepala Sekolah terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Sekolah Dasar Negeri di Kendari. Januari, 3(2), 2746–4113.

Kurniawan, I., Harapan, E., & Rohana, R. (2021). Pengaruh Pemberian Penghargaan terhadap Kinerja Guru Honorer Sekolah Menengah Atas di Kota Sekayu, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.38134

Kustanto, H., Muazza, M., & Haryanto, E. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 63–69. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1742

Majidah, Y., Rachmawati, I. K., & Karnawati, T. A. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 14(2), 105–112. https://doi.org/10.32812/jibeka.v14i2.173

Makassar, U. N. (2024). Pengaruh Pelatihan Mandiri Menggunakan Platform Merdeka Mengajar Terhadap Kompetensi Guru Di SMA Negeri 21 Makassar. 4(1), 2072–2081.

Muhtar, N. S., Jumawan, & Sahlan, F. (2024). Analisis pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di sma xyz. 2(3), 2361–2372.

Rohmah, S. F. (2021). Pengaruh Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Kinerja Guru Di Smk Nusantara Kemlagigede Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan (the Effect of Intrinsic Motivation and Extrinsic Motivation on Teacher Performance At Smk Nusantara Kemlagigede Turi District Lamongan Regency). Jurnal Ekonomi Mahasiswa (JEKMA), 02(05), 1–3.

Royani, I. (2022). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Guru di SMK Plus Desa Nusantara (PDN) Kabupaten Sanggau. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(2), 635–655. https://doi.org/10.58344/jmi.v1i2.58

Sarianae, & Prasetyo, D. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru dan Pegawai Smk Negeri 1 Sampit. Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(1), 34–45.

Setiyati, S., Monica, M. V, Tarman, T., & ... (2024). Analisis Faktor Internal Dan Eksternal Kinerja Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di SMP Negeri 1 Teluk Pandan Tahun Pelajaran 2023/2024. Pendas Mahakam …, 9(September). https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1826%0Ahttps://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/download/1826/936

Sudarnice, S. (2020). Increasing Innovative Performance through Organization Culture, Work Satisfaction and Organization Commitments. Integrated Journal of Business and Economics, 4(1), 88. https://doi.org/10.33019/ijbe.v4i1.251

Sulisna, S., Wardiah, D., & Suherman, S. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(5), 5906–5917. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i5.7603

Widodo, S., Ladyani, F., Asrianto, L. O., Rusdi, Khairunnisa, Lestari, S. M. P., Wijayanti, D. R., Devriany, A., Hidayat, A., Dalfian, Nurcahyati, S., Sjahriani, T., Armi, Widya, N., & Rogayah. (2023). Metodologi Penelitian. In Cv Science Techno Direct.

Yanti, S. (2019). Gaya Kepemimpinan Guru SD Sekolah Dasar di dalam Kelas. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 5(1), 66–72. https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i1.316

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 53–59. https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.12884

Zikri, R., & Ustman, F. (2024). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Profesional Guru di SMA Negeri 2 Sawang. Journal of Islamic Education Management & Research (JIEMR), 1(1), 41–53. https://doi.org/10.51178/jiemr.v1i2.1947

Downloads

Published

24-04-2023

How to Cite

Peran Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Balongsari  di Kota Mojokerto. (2023). KAMBOTI: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 3(2), 28-35. https://doi.org/10.51135/kambotivol3issue2page28-35

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.