Penggunaan Aplikasi Geogebra terhadap Materi Integral pada Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Lelemuku Saumlaki

Authors

  • Mesak Ratuanik Universitas Lelemuku Saumlaki, Maluku, Indonesia Author
  • Alex Ranguly Universitas Lelemuku Saumlaki, Maluku, Indonesia Author
  • Zakarias Bacori Universitas Lelemuku Saumlaki, Maluku, Indonesia Author
  • Yoseph Watratan Universitas Lelemuku Saumlaki, Maluku, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.51135/kambotivol4issue2page88-101

Keywords:

Teknologi Aplikasi Geogebra, Integral Tentu

Abstract

Materi integral merupakan salah satu dari dua materi besar di mata kuliah kalkulus, yang mana materi integral merupakan anti turunan dari materi diferensial. Integral dikembangkan untuk menjawab pertanyaan bagaimana menyelesaikan masalah yang berkebalikan dengan solusi diferensial. penggunaan media digital  dalam pembelajaran matematika di perguruan tinggi merupakan solusi yang tepat untuk memecahkan matematika abstrak diantaranya materi integral. Dengan demikian penggunaan aplikasi geogebra merupakan solusi yang tepat dalam proses perkuliahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif karena peneliti ingin menggambarkan dan menguraikan secara rinci dan mendalam tentang penggunaan aplikasi geogebra terhadap materi integral dalam proses perkuliahan di semester II Program Studi Pendidikan Matematika. Jenis pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara, Dokumentasi, tes, catatan lapangan dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan aplikasi geogebra mahasiswa dapat menyelesaikan  materi integral tentu serta Efektifitas dan motivasi mahasiswa terhadap pembelajaran yang memanfaatkan teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, L., & Martha Rusmana, I. (2019). Pembelajaran Matematika Menyenangkan Dengan Aplikasi Kuis Online Quizizz. AL-IDARAH Jurnal Kependidikan Islam, 9(https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/issue/view/181), 1–7. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/4859

Darma, I. K., Gede Made Karma, I., & Made Anom Santiana, I. (2020). Needs Analysis Development of Applied Mathematical Blended Learning Models Using Schoology LMS. Journal of Physics: Conference Series, 1569(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1569/4/042060

Djamilah, S., & Puspitorini, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Geogebra for Personal Computer bagi Guru MGMP Matematika SMA Kabupaten Barito Kuala. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 125–130. https://doi.org/10.36407/berdaya.v3i3.474

Nurhanan, Slamet, M., & Kania, N. (2019). Penggunaan Software GeoGebra Pada Materi Fungsi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(2012), 585–591.

Qurohman, M. T. (2018). Think to Talk Write Learning Mathematics Tool Hands on Activity. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(3), 95–99. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v1i3.78

Ratuanik, M., & Feninlambir, S. (2022). Pemanfaatan Software Geogebra pada Materi Lingkaran dengan Menggunakan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tanimbar Utara. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1105–1119. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1042

Watratan, Y., Rangkoly, F., & Ratuanik, M. (2023). Implementation of Flipped Classroom on Mathematics Learning At Smp Negeri 4 Tanimbar Selatan, District of Tanimbar Islands. Jurnal Eduscience, 10(1), 226–236. https://doi.org/10.36987/jes.v10i1.3424

Downloads

Published

18-01-2025

How to Cite

Penggunaan Aplikasi Geogebra terhadap Materi Integral pada Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Lelemuku Saumlaki. (2025). KAMBOTI: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(2), 88-101. https://doi.org/10.51135/kambotivol4issue2page88-101