Penggunaan Model Problem Based Learning Melalui Google Slides untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Regresi
DOI:
https://doi.org/10.51135/kambotivol5issue2page148-162Keywords:
Problem Based Learning, Mathematical Concept Understanding, Google SlidesAbstract
References
Bakker, J., Ratuanik, M., & Nifmaskossu, R. (2025). Geogebra untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kepulauan Tanimbar. 05, 1–15.
Daniel, B. K., & Harland, T. (2017). Higher Education Research Methodology: A Step-by-Step Guide to the Research Process. Higher Education Research Methodology: A Step-by-Step Guide to the Research Process, 1–140. https://doi.org/10.4324/9781315149783
Darma, I. K., Karma, I. G. M., & Santiana, I. M. A. (2020). Blended Learning, Inovasi Strategi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Pendidikan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 3, 527–539. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/37580
Lerebulan, E., & Ratuanik, M. (2023). Mathematical Concepts Ability in Spldv Material Based on Apos Theory Stages Viewed From Learning Styles. Jurnal Eduscience, 10(1), 251–263. https://doi.org/10.36987/jes.v10i1.3796
Pratidiana, D. (2021). Optimalisasi Penggunaan Teknologi Pembelajaran Mahasiswa Pendidikan Matematika UNMA Banten. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 11–20. https://doi.org/10.30656/gauss.v4i2.3554
Ratuanik, M., Ranguly, A., Bacori, Z., & Watratan, Y. (2025). Penggunaan Aplikasi Geogebra terhadap Materi Integral pada Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Lelemuku Saumlaki. KAMBOTI: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(2), 88-101. https://jurnal.lldikti12.id/index.php/kamboti/article/view/19/148
Ratuanik, M. (2019a). Desain Pembelajaran pada Materi Himpunan Menggunakan Model Problem Based Learning. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 1(2), 93–104. https://journal.unwira.ac.id/index.php/ASIMTOT/issue/view/38
Ratuanik, M. (2019b). Pemahaman Siswa Kelas VIII B SMP Santo Aloysius Turi Tentang Relasi dan Fungsi Setelah Penerapan PMRI. Prisma, 2, 813–820. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Ratuanik, M., & Feninlambir, S. (2022). Pemanfaatan Software Geogebra pada Materi Lingkaran dengan Menggunakan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tanimbar Utara. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1105–1119. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1042
Ratuanik, M., & Kundre, O. T. (2018). Pemanfaatan Etnomatematika Kerajinan Tangan Anyaman Masyarakat Maluku Tenggara Barat dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 416–423. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2356
Ratuanik, M., Watunglawar, Y., & Nay, F. A. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII. Leibniz: Jurnal Matematika, 1(2), 12–26. https://doi.org/10.59632/leibniz.v1i2.52
Ratuanik, M., Wermpinan, W., Bacory, Z., & Batkunde, Y. (2021). Pemahaman Mahasiswa Baru Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Saumlaki Tentang Lingkaran Setelah Penerapan PMRI. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1322–1331. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/493
Rosyidah, U., Setyawati, A., & Qomariyah, S. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Aljabar Dasar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1), 63–71. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4488
Said, S. (2023). Peran Tekonologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Abad 21. Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan & Ekonomi., 6(2), 194–202. https://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/PK/article/view/1300/713
Watratan, Y., Rangkoly, F., & Ratuanik, M. (2023). Implementation of Flipped Classroom on Mathematics Learning At Smp Negeri 4 Tanimbar Selatan, District of Tanimbar Islands. Jurnal Eduscience, 10(1), 226–236. https://doi.org/10.36987/jes.v10i1.3424
Watratan, Y., Ratuanik, M., & Srue, O. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematika SMP Santo Paulus Saumlaki. Jurnal Matematika, 1(1), 21–35. https://ejurnal.unisap.ac.id/leibniz/article/view/139/84
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 KAMBOTI: Jurnal Sosial dan Humaniora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.