Pengembangan Buku Ajar Berbasis Etnomatematika Materi Geometri pada Rumah Budaya Banda Naira
DOI:
https://doi.org/10.51135/kambotivol6issue1page13-32Keywords:
Development, Ethnomathematics, Geometry, House of Culture, TextbookAbstract
References
Ardiansyah, A. S., Najwa, H. A., & Fitri, Y. N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika pada Serabi Kalibeluk dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning. SANTIKA : Seminar Nasional Tadris Matematika, 3, 736–754. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/1411/735
Ariyanto, M. P., Diva, S. A., & ... (2022). Kajian Etnomatematika Gebyok Ukir Desa Gemiring Kidul Jepara Sebagai Bahan Ajar Matematika SMP. … : Jurnal Riset Pendidikan …, 3(1). https://aritmatika.uinkhas.ac.id/index.php/arm/article/view/72%0Ahttps://aritmatika.uinkhas.ac.id/index.php/arm/article/download/72/27
Batkunde, Y., & Nifanngelyau, J. (2024). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Etnomatematika Tanimbar. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 6(1), 202–215. https://doi.org/10.29303/jm.v6i1.6710
Izah, S. J., & Malasari, P. N. (2021). Studi Etnomatematika: Masjid Sunan Bonang dalam Pembelajaran Geometri. Circle: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(01), 44–58. https://doi.org/https://e-journal.uingusdur.ac.id/circle/article/view/3579
Nasir, N. A. (2023). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran LIMITT untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Kognitif: Jurnal Riset Hots Pendidikan Matematika, 5 (2). https://www.etdci.org/journal/kognitif/article/view/2810
Safari, Y., & Nurhida, P. (2024). Pentingnya Pemahaman Konsep Dasar Matematika dalam Pembelajaran Matematika. Karimah Tauhid, 3(9), 9817–9824. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14625
Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian. KBM Indonesia. https://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/16455/1/E-Book Metodologi Penelitian Syafrida.pdf
Serepinah, M., & Nurhasanah, N. (2023). Kajian Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Tradisional Ditinjau Dari Perspektif Pendidikan Multikultural. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2, 148–157. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p148-157. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/7919
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung. https://digi-lib.stekom.ac.id/assets/dokumen/ebook/feb_35efe6a47227d6031a75569c2f3f39d44fe2db43_1652079047.pdf
Suharjana, A., Markaban, & WS, H. (2009). Geometri Datar dan Ruang di SD. Departemen Pendidikan Nasional: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika, 53(9), 1–59. https://repositori.kemendikdasmen.go.id/5697/1/3.Geometri Datar dan Ruang di SD.pdf
Sulistyani, A. P., Windasari, V., Rodiyah, I. W., & Muliawati, N. E. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Joglo Tulungagung. J-MPM: Media Pendidikan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP MATARAM, 7(1), 22–28. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jmpm. https://e-journal3.undikma.ac.id/index.php/jmpm/article/view/1537
Wati, L. L., Mutamainah, A., Setianingsih, L., & Fadiana, M. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Gedog. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(1), 27–34. https://journal.unirow.ac.id/index.php/jrpm/issue/view/30
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 KAMBOTI: Jurnal Sosial dan Humaniora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
