Pembelajaran Pengukuran Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Peserta Didik SD Negeri 04 Indralaya Selatan

Authors

  • Anita Desiani Prodi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya, Indonesia Author
  • Sugandi Yahdin Prodi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya, Indonesia Author
  • Hermansyah Prodi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya, Ogan Ilir, 30862, Indonesia Author
  • Ali Amran Prodi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya, Indonesia Author
  • Bambang Suprihatin Prodi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya, Indonesia Author
  • Muhammad Azwar Annas Prodi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya, Indonesia Author
  • Mega Tiara Putri Prodi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya, Indonesia Author
  • Carolina Rahman Prodi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya, Indonesia Author
  • Alga Mahida Prodi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.51135/bakti.2.1.21-32

Keywords:

Desa Beti;, Matematika;, Metode Realistik;, Pengukuran;, Sekolah Dasar

Abstract

Matematika merupakan sebuah pelajaran yang cukup sulit bagi banyak peserta didik. Sistem pembelajaran yang diajarkan bisa menjadi faktor peserta didik menyukai pelajaran Matematika. Salah satu metode belajar yang mudah dipahami dan mengasyikkan untuk peserta didik yaitu metode pembelajaran Matematika realistik. Kegiatan pembelajaran dengan pendekatan Matematika Realistik dilakukakan di Sekolah Dasar Negeri 04 Indralaya Selatan di desa Beti yang memiliki 68 peserta didik dan 11 guru. Kegiatan ini diberikan pada sisa kelas 2 dan kelas 3 karena proses pengajaran ini difokuskan pada materi pengukuran. Kegiatan ini dilakukan dengan cara pemberian materi, latihan dan diskusi. Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa dilakukan pre-test dan post-test untuk materi Matematika pengukuran yang telah diberikan. Dari hasil pre-test dan post-test yang diberikan terlihat pemahaman siswa kelas 2 dan kelas 3 meningkat. Hal ini dapat diliat dari skor yang diperoleh sebelum dilakukan kegiatan yaitu rata-rata hanya 66.33 poin. Hasil setelah dilakukan kegiatan skor rata-rata dari peserta naik menjadi 80. Hal ini menunjukan pembelajaran Matematika pengukuran dengan pendekatan Matematika realistik mampu membantu dan meningkatkan minat dari siswa dalam mempelajari Matematika terutama bagi siswa kelas 2 dan kelas 3 SD Negeri 04 Indralaya.

Downloads

Published

2024-11-08

How to Cite

Pembelajaran Pengukuran Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Peserta Didik SD Negeri 04 Indralaya Selatan. (2024). Bakti : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 21-32. https://doi.org/10.51135/bakti.2.1.21-32