Pelatihan Pembuatan Modul Digital Interaktif Dengan Menggunakan Figma di SMK Telkom Makassar
DOI:
https://doi.org/10.51135/bakti.5.1.59-69Keywords:
pelatihan, Figma, Modul digital, pembelajaran interaktif, Teknologi pendidikanAbstract
Pelatihan penggunaan aplikasi Figma untuk pembuatan modul digital interaktif di SMK Telkom Makassar bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam merancang media pembelajaran berbasis teknologi. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka dengan pendekatan partisipatif, mencakup empat tahapan utama: pengenalan aplikasi Figma, demonstrasi penggunaan, praktik dan diskusi, serta evaluasi melalui kuesioner daring. Sebanyak 26 guru dari berbagai bidang keahlian mengikuti pelatihan ini. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa mayoritas peserta mengalami peningkatan pemahaman terhadap fitur-fitur Figma, merasa mampu mengimplementasikannya dalam penyusunan modul ajar, serta berkomitmen menerapkannya dalam kegiatan belajar mengajar. Fitur seperti FigJam dan Prototype menjadi fitur favorit karena mendukung kolaborasi dan interaktivitas. Berdasarkan data evaluasi dan umpan balik peserta, pelatihan ini terbukti efektif karena berhasil mencapai tujuan meningkatkan keterampilan desain digital guru yang relevan dengan perkembangan teknologi pendidikan serta dapat diaplikasikan secara nyata dalam kegiatan belajar mengajar.
Downloads
Published
2025-05-03
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Lely Novia, Audyna Muhiddah, Nurdin Noni, Rahmat Mahmud, Selviyani (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Audyna Muhiddah, Novia, L., Nurdin Noni, Rahmat Mahmud, & Selviyani. (2025). Pelatihan Pembuatan Modul Digital Interaktif Dengan Menggunakan Figma di SMK Telkom Makassar. Bakti : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 59-69. https://doi.org/10.51135/bakti.5.1.59-69