Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Dalam Meningkatan Hasil Belajar Materi Bentuk Aljabar

Authors

  • Elisabeth B Sinu Universitas Nusa Cendana Author
  • Karlinda De Rozaro SMP Ratu Damai, Kota Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, 86212, Indonesia Author
  • Benedikta O. Balun SMP Ratu Damai, Kota Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, 86212, Indonesia Author
  • Agustinus P. Carvallo SMP Ratu Damai, Kota Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, 86212, Indonesia Author
  • Maria Magdalena K. O. Waton Balun SMP Ratu Damai, Kota Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, 86212, Indonesia Author
  • Maria A. Kleden Prodi Matematika, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana, Kupang, 85148, Indonesia Author
  • Irwanius P. Muaraya Program Studi Pendidikan Matematika, Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka, Larantuka, Nusa Tenggara Timur, Indonesia Author
  • Marlen F. Paru Prodi Matematika, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana, Kupang, 85148, Indonesia Author
  • Jelita S. B. Dappa Prodi Matematika, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana, Kupang, 85148, Indonesia Author
  • Stefanus W. Kelen Prodi Matematika, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana, Kupang, 85148, Indonesia Author
  • Yoseph B. Ujan Program Studi Pendidikan Matematika, Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka, Larantuka, Nusa Tenggara Timur, Indonesia * Author
  • Yoseph P. Ola Program Studi Pendidikan Matematika, Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka, Larantuka, Nusa Tenggara Timur, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.51135/bakti.5.1.10-19

Keywords:

Contextual Teaching and Learning, Hasil belajar, Bentuk aljabar, Penelitian tindakan kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Bentuk Aljabar melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di SMPSK Ratu Damai Waibalun. Kegiatan ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek PTK adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 17 orang. Data diperoleh melalui tes hasil belajar, lembar observasi, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 62,50%, meningkat menjadi 93,75% pada siklus II. Selain itu, nilai rata-rata siswa pada pada siklus I yaitu 68,12 meningkat 83,44 pada siklus II. Peningkatan ini terjadi karena siswa lebih aktif dalam pembelajaran, mampu menghubungkan konsep dengan kehidupan sehari-hari, serta termotivasi untuk memahami materi secara mendalam. Hasil ini menunjukkan penggunaan model CTL dalam pembelajaran matematika sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Downloads

Published

2025-06-13

How to Cite

Sinu, E. B., Karlinda De Rozaro, Benedikta O. Balun, Agustinus P. Carvallo, Maria Magdalena K. O. Waton Balun, Maria A. Kleden, Irwanius P. Muaraya, Marlen F. Paru, Jelita S. B. Dappa, Stefanus W. Kelen, Yoseph B. Ujan, & Yoseph P. Ola. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Dalam Meningkatan Hasil Belajar Materi Bentuk Aljabar. Bakti : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 10-19. https://doi.org/10.51135/bakti.5.1.10-19