Efektifitas Pelatihan Materi Statistika Dasar bagi Guru SMA untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik

Authors

  • Vera Maya Santi Program Studi Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 13220, Indonesia Author
  • Muhammad Rafli Program Studi Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 13220, Indonesia Author
  • Zahrah Hashifah Program Studi Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 13220, Indonesia Author
  • Widyanti Rahayu Program Studi Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 13220, Indonesia Author
  • Dian Handayani Program Studi Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 13220, Indonesia Author
  • Ria Arafiyah Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 13220, Indonesia Author
  • Suyono Program Studi Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 13220, Indonesia Author
  • Bagus Sumargo Program Studi Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 13220, Indonesia Author
  • Tri Murdiyanto Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 13220, Indonesia Author
  • Siti Rohmah Rohimah Program Studi Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 13220, Indonesia Author
  • Dania Siregar Program Studi Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 13220, Indonesia Author
  • Faroh Ladayya Program Studi Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 13220, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.51135/bakti.5.1.70-77

Keywords:

Efektifitas Pelatihan, Guru SMA, Kurikulum Merdeka, Statistika Dasar

Abstract

Kurikulum Merdeka yang diterapkan di Indonesia menekankan pada pembelajaran yang adaptif, kreatif, dan inovatif, sehingga mengharuskan guru untuk memiliki kompetensi yang lebih tinggi dalam penguasaan mata pelajaran, termasuk statistika. Namun, banyak guru yang kesulitan dalam mengimplementasikan kurikulum ini dan menyiapkan bahan ajar karena kurangnya referensi. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan yang dirancang untuk memperdalam pengetahuan, meningkatkan keterampilan, dan memberikan referensi tambahan untuk membuat bahan ajar statistika. Pelatihan ini melibatkan 24 guru SMA dari kelompok MGMP Matematika Sukabumi. Berdasarkan analisis uji-t berpasangan terhadap hasil pre-test dan post-test, nilai p-value (0,00) lebih kecil dari α (0,05), yang mengindikasikan bahwa pelatihan ini secara signifikan dan efektif, mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan guru dalam rangka meningkatkan kompetensi peserta didik.

Downloads

Published

2025-06-13

How to Cite

Santi, V. M., Muhammad Rafli, Zahrah Hashifah, Widyanti Rahayu, Dian Handayani, Ria Arafiyah, Suyono, Bagus Sumargo, Tri Murdiyanto, Siti Rohmah Rohimah, Dania Siregar, & Faroh Ladayya. (2025). Efektifitas Pelatihan Materi Statistika Dasar bagi Guru SMA untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik. Bakti : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 70-77. https://doi.org/10.51135/bakti.5.1.70-77