Pendampingan Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Kristen dalam Pelaksanaan Magang Mikro Konseling di Sekolah Dasar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.51135/bakti.5.1.41-48

Keywords:

Magang, Mikro Konseling, Mahasiswa, Potensi Diri, Layanan Bimbingan

Abstract

Program magang mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Kristen (BKK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kristen IAKN Toraja bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa melalui pengalaman langsung di lapangan. Pelaksanaan magang ini berlangsung di UPT SD Negeri 7 Mengkendek, Tana Toraja, selama dua bulan, dari Agustus hingga Oktober 2024. Mahasiswa melaksanakan layanan mikro konseling dengan metode partisipatoris, termasuk asesmen kebutuhan siswa, penyusunan program layanan konseling, dan pelaksanaan bimbingan klasikal maupun individu. Kegiatan magang diawali dengan pembekalan, diikuti pengantaran mahasiswa, supervisi, dan diakhiri dengan penarikan mahasiswa. Hasil supervisi menunjukkan bahwa mahasiswa mampu mengeksplorasi potensi diri, seperti keterampilan berkomunikasi, penggunaan media pembelajaran, dan menciptakan suasana interaktif dalam layanan. Mahasiswa juga menunjukkan kemampuan menyusun dan melaksanakan layanan konseling berbasis kebutuhan siswa. Namun, manajemen kelas dan evaluasi program layanan masih dapat ditingkatkan. Program magang ini memberikan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri sebagai konselor yang profesional, terampil, dan responsif terhadap kebutuhan siswa di lingkungan sekolah dasar.

Author Biography

  • Serdianus, Institut Agama Kristen Negeri Toraja

    Dosen Tetap Program Studi Pendidikan Agama Kristen, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Toraja

Downloads

Published

2025-06-13

How to Cite

Serdianus, S., & Sumiaty, S. (2025). Pendampingan Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Kristen dalam Pelaksanaan Magang Mikro Konseling di Sekolah Dasar. Bakti : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 41-48. https://doi.org/10.51135/bakti.5.1.41-48