Pendampingan Penggunaan Alat Peraga Operasi Bilangan Bulat pada Pembelajaran Matematika di SD Negeri 12 Ambon
DOI:
https://doi.org/10.51135/bakti.4.2.153-160Keywords:
Pendampingan, Pembelajaran, Operasi Bilangan Bulat, Alat PeragaAbstract
Matematika merupakan salah satu ilmu yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu peranan matematika adalah sebagai alat penyampai informasi serta dapat meningkatkan kemampuan berfikir secara sistematis, kritis serta menambah daya kreativitas. Oleh karena itu, diperlukan pembelajaran matematika sejak dini kepada siswa. Namun, mengajarkan matematika yang sangat abstrak kepada siswa Sekolah Dasar (SD) sangatlah sulit, karena pada usia ini, siswa masih berpikir secara konkret. Hal ini menyebabkan matematika menjadi begitu menakutkan bagi siswa. Hal ini juga dialami oleh siswa SD Negeri 12 Ambon. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, Salah satu materi yang cukup sulit adalah operasi bilangan bulat. Siswa sangat kesulitan untuk menjumlahkan bilangan positif dan negatif, maunpun bilangan negatif dan negatif. Untuk itu, dilaksanakan kegiatan pendampingan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga. Kegiatan pembelajaran diawali dengan pre test dan diakhiri dengan post test. Dalam pembelajaran, siswa berdiskusi dalam kelompok, serta menggunakan alat peraga dalam menyelesaikan soal latihan. Hasil dari kegiatan pendampingan ini menunjukkan bahwa terjadi kenaikan nilai pada semua siswa setelah pembelajaran menggunakan alat peraga, dan nilai rata-rata kelas meningkat dari 59,32 menjadi 84,10. Kenaikan yang terjadi sebesar 24,78. Hal ini berarti, pembelajaran dengan menggunakan alat peraga sangat efektif untuk membantu siswa Sekolah Dasar memahami matematika yang sangat abstrak.
Downloads
Published
2024-12-09
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Novita Serly Laamena, Taufan Talib (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Pendampingan Penggunaan Alat Peraga Operasi Bilangan Bulat pada Pembelajaran Matematika di SD Negeri 12 Ambon. (2024). Bakti : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 153-160. https://doi.org/10.51135/bakti.4.2.153-160