Efektivitas Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi bagi Guru SD di Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat

Authors

  • Marlin Blandy Mananggel Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura, Ambon, 97233, Indonesia Author
  • Theresia Laurens Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura, Ambon, 97233, Indonesia Author
  • Widya Putri Ramadhani Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura, Ambon, 97233, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.51135/bakti.4.2.136-144

Keywords:

efektivitas pelatihan, guru SD, pembelajaran berdiferensiasi

Abstract

Pembelajaran saat ini diharapkan dapat mengakomodasi keanekaragaman kondisi dan karakteristik siswa. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan manifestasi pembelajaran berpihak kepada siswa yang dirancang, dilaksanakan dan dinilai untuk memenuhi kebutuhan individual siswa. Tujuan dari pengabdian ini yaitu untuk mengenalkan guru tentang prinsip pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana pengembangannya. Program ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Waimital, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat dan yang menjadi khalayak sasaran adalah guru-guru SD di seluruh Kecamatan Kairatu. Kegiatan ini dilakukan dengan beberapa tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Pada tahap perencanaan dilakukan koordinasi dengan pihak mitra, kemudian pelaksana menyusun materi presentasi dan soal pre dan post-tes. Tahap pelaksanaan terdiri dari pre-tes, pelatihan, serta post-test. Hasil analisis data tes menunjukkan rata-rata N-Gain 0,62 berada pada kategori sedang dan dikatakan baik. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru terhadap konsep pembelajaran berdiferensiasi. Tahap evaluasi dilakukan secara langsung oleh peserta terhadap pelaksanaan pelatihan melalui pengisian kuisioner kepuasan peserta. Sedangkan tahap refleksi dilakukan bersama antara pelaksana dan peserta. Peserta telah memahami, siap untuk merancang dan mengembangkan modul ajar serta menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas masing-masing. Kegiatan pelatihan dinilai sangat baik oleh para peserta. Hal ini terlihat dari hasil kuisioner, juga dari partisipasi, kehadiran dan antusiasme peserta. serta adanya permintaan oleh para peserta agar kegiatan serupa dapat terus dilakukan dan ditingkatkan untuk masa-masa berikutnya.

Downloads

Published

2024-12-09

How to Cite

Efektivitas Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi bagi Guru SD di Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat. (2024). Bakti : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 136-144. https://doi.org/10.51135/bakti.4.2.136-144