OPTIMALISASI BELAJAR ANAK-ANAK MELALUI BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA DI DESA WANGKELANG, KECAMATAN MOGA, KABUPATEN PEMALANG

Authors

  • Ma’rifatun Fauzah Prodi Tadris Matematika, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan; Author
  • Lailatul Chikmah Prodi Bimbingan Penyuluhan Islam, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan; Author
  • Liu Amanah Prodi Tadris Bahasa Inggris, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan; Author
  • Sevira Putri Sholikhah Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan; Author
  • Via Rizquna Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan; Author
  • Hendri Hermawan Adinugraha Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan; Author

DOI:

https://doi.org/10.51135/bakti.3.2.125-129

Keywords:

Pengabdian Masyarakat, Bimbingan Belajar, Matematika

Abstract

Pendidikan menjadi hal yang penting untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan melihat kondisi anak-anak di Desa Wangkelang, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, yang memprihatinkan maka KKN UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan melakukan kegiatan pengabdian melalui bimbingan belajar matematika. Tujuannya untuk menghasilkan pemahaman yang optimal mengenai pembelajaran matematika bagi anak- anak. Metode yang digunakan adalah membagi anak-anak menjadi beberapa kelompok agar lebih mendapatkan perhatian dan materi dapat diterima dengan baik serta melakukan post test untuk mengukur keberhasilan. Kegiatan pengabdian masyarakat melalui bimbingan belajar matematika berjalan dengan lancar dan mendapatkan antusias yang tinggi. Anak-anak merasa senang dan paham ketika dilakukan evaluasi berupa post test. Kegiatan pengabdian ini menyimpulkan bahwa optimalisasi lingkungan belajar anak-anak melalui bimbingan belajar matematika memiliki potensi besar untuk meningkatkan prestasi belajar dan motivasi belajar di Desa Wangkelang, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang. Kegiatan ini dapat menjadi model inspiratif untuk pengembangan pendidikan di wilayah pedesaan lainnya, dengan tetap mempertimbangkan karakteristik dan kebutuhan lokal.

Downloads

Published

2024-10-29

How to Cite

OPTIMALISASI BELAJAR ANAK-ANAK MELALUI BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA DI DESA WANGKELANG, KECAMATAN MOGA, KABUPATEN PEMALANG. (2024). Bakti : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 125-129. https://doi.org/10.51135/bakti.3.2.125-129