OPTIMALISASI BELAJAR ANAK-ANAK MELALUI BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA DI DESA WANGKELANG, KECAMATAN MOGA, KABUPATEN PEMALANG
DOI:
https://doi.org/10.51135/bakti.3.2.125-129Keywords:
Pengabdian Masyarakat, Bimbingan Belajar, MatematikaAbstract
Pendidikan menjadi hal yang penting untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan melihat kondisi anak-anak di Desa Wangkelang, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, yang memprihatinkan maka KKN UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan melakukan kegiatan pengabdian melalui bimbingan belajar matematika. Tujuannya untuk menghasilkan pemahaman yang optimal mengenai pembelajaran matematika bagi anak- anak. Metode yang digunakan adalah membagi anak-anak menjadi beberapa kelompok agar lebih mendapatkan perhatian dan materi dapat diterima dengan baik serta melakukan post test untuk mengukur keberhasilan. Kegiatan pengabdian masyarakat melalui bimbingan belajar matematika berjalan dengan lancar dan mendapatkan antusias yang tinggi. Anak-anak merasa senang dan paham ketika dilakukan evaluasi berupa post test. Kegiatan pengabdian ini menyimpulkan bahwa optimalisasi lingkungan belajar anak-anak melalui bimbingan belajar matematika memiliki potensi besar untuk meningkatkan prestasi belajar dan motivasi belajar di Desa Wangkelang, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang. Kegiatan ini dapat menjadi model inspiratif untuk pengembangan pendidikan di wilayah pedesaan lainnya, dengan tetap mempertimbangkan karakteristik dan kebutuhan lokal.
Downloads
Published
2024-10-29
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Ma’rifatun Fauzah, Lailatul Chikmah, Liu Amanah, Sevira Putri Sholikhah, Via Rizquna, Hendri Hermawan Adinugraha (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
OPTIMALISASI BELAJAR ANAK-ANAK MELALUI BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA DI DESA WANGKELANG, KECAMATAN MOGA, KABUPATEN PEMALANG. (2024). Bakti : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 125-129. https://doi.org/10.51135/bakti.3.2.125-129